Teknologi Komputer di masa sekarang ini akan sangat terus berkembang dan bermunculan seiring dengan kebutuhan mahkluk hidup yang serba instant,efisien, dan terintegrasi dengan segala aspek yang berhubungan dengan aktivitas mahkluk hidup salah satunya update informasi teknologi.

Apa itu Teknologi Komputer ?


Secara definisi Teknologi komputer juba bisa diartikan kombinasi perangkat keras atau perangkat lunak yang terkait dengan komputer seperti komputer multimedia, berbagai jenis media (grafik, audio dan video) dan alat komunikasi berjejaring (email, bulletin board, Blackboard atau WebCT, dan listserves), bersama dalam setting pendidikan untuk Meningkatkan pembelajaran bahasa program.

Teknologi komputer berkorelasi dengan teknologi informasi dan digunakan untuk mempelajari  jaringan komputer, dan lain-lain, selain itu juga mencakup daftar perangkat lunak dan perangkat lunak yang beragam. Termasuk pemrograman, jaringan, desain database dan pengembangan untuk memastikan komputer bekerja dengan baik.

Sebelum adanya Teknologi Komputer 

Dahulu kala sebelum komputer berkembang para manusia yang hidup pada zaman itu menggunakan alat – alat hitung sederhana untuk menghitung sesuatu. Mereka menggunakan alat hitung sederhana yang terbuat dari biji – bijian, batu ataupun kayu. Lalu setelah itu munculah alat hitung yang lebih modern yaitu kalkulator mekanik yang ditemukan oleh Abacus pada 5000 tahun silam di asia.

Masa berikutnya,beberapa Insinyur membuat penemuan baru lainnya.Salah satunya adalah Vannevar Bush (1890-1974) yang membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931. Lalu pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Setelah penemuan – penemuan itu makin banyak penemu – penemu yang ingin menyempurnakan penemuannya itu sehingga tak lama setelah beberapa penemuan itu komputer sederhana dibuat untuk pertama kalinya.

Dampak perubahan setelah adanya Teknologi Komputer


Kemajuan teknologi merupakan salah satu faktor yang paling penting bagi masyarakat. Teknologi memiliki peran sentral dalam kehidupan masyarakat. Dalam beberapa hal yang akan membuat orang percaya hubungan sinergis antara masyarakat dan teknologi, karena masyarakat dapat ketergantungan dengan adanya teknologi. Ada pun perspektif dalam Technological determinism berpendapat bahwa fitur dari teknologi ditentukan oleh penggunanya, dan peran masyarakat progresif untuk beradaptasi dengan perubahan teknologi. Technological determinism adalah suatu teori yang menjelaskan bahwa teknologi yaitu media, membentuk cara individu berpikir, merasa dan bertindak, dan bagaimana masyarakat dapat mengatur diri mereka dalam beraktivitas.

(Sumber : https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/2/2b/Mahasiswa_i_menggunakan_komputer_untuk_meningkatkan_keterampilan_teknologi_%288315664069%29.jpg)

Masyarakat saat ini memiliki kehidupan dimana teknologi modern adalah hal yang mendominasi komunikasi masyarakat. Teknologi juga dapat memberikan bantuan dan telah menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat. Perubahan bahwa teknologi telah mempengaruhi gaya berkomunikasi dan menunjukkan bahwa masyarakat lebih cenderung bergantung pada teknologi. Perkembangan teknologi telah meningkatkan gaya hidup masyarakat. Manusia diciptakan untuk saling melengkapi, hal ini yang membuat manusia terdorong untuk dapat mempermudah cara berkomunikasi. Alat komunikasi yang digunakan semakin canggih seiiring dengan berkembangan dunia modern. Kurang lebih 30 tahun yang lalu, di Indonesia baru mengenal adanya yang memiliki ukuran yang sangat besar dan berat

Beberapa Perubahan yang merubah manusia dan memberikan dampak cara manusia hidup di abad 21 ini :

  •  Dulu Surat dan Telepon, Sekarang Email dan WhatApp 

Cara berkomunikasi di era sekarang ini sangat lah mudah berkirim media seperti : gambar,audio maupun video semua nya sudah sangat mudah dan cepat dengan menggunakan platform aplikasi chat WhatsApp seiring perkembangan nya komunikasi dengan penggunaan telefon terus menurun. 

  • Dulu cara berjualan offline, Sekarang online

Munculnya E-Commerce merupakan suatu perubahan yang sangat signifikan bagaimana perubahan cara berprilaku masyarakat dalam hal membeli maupun menjual barang. dengan muncul nya Tokopedia, Bukalapak dan startup E-Commerce lainnya. dari sana perubahan terjadi dalam meningkatkan taraf hidup di masyarakat serta meningkatkan UKM kecil dan menengah dalam proses pemasaran produk nya serta meningkatkan daya beli masyarakat yang ujung-ujung nya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. ini semua merupakan impact dari adanya teknologi komputer yang di implementasi kan kedalam aktivitas jual beli di masyarakat.

  • Dulu Manual, Sekarang Digital dan realtime

Teknologi Komputer dapat memudahkan segala aktivitas maupun pekerjaan manusia untuk meningkatkan hasil yang maksimal dan efisien. salah satu implementasi dalam aktivitas manusia contoh nya bagaimana dulu kita harus antri berjam-jam untuk mendapatkan tiket trasportasi, saat ini kita hanya perlu menggunakan gadget/komputer untuk melakukan reservasi tiket betapa mudah nya dan efisien waktu kita. kemudian kita juga bisa melihat jadwal informasi yang paling terupdate hanya dengan mengunjungi situs atau aplikasi penyedia. betapa teknologi ini lagi-lagi mengubah prilaku manusia dalam memesan sebuah tiket transportasi tanpa perlu ribet hanya dengan beberapa klik saja kita sudah bisa mendapatkan tiket yang kita inginkan. 

Banyak sekali perubahan yang terjadi yang mengubah kehidupan di masyarakat dengan inovasi teknologi komputer yang sangat dinamis. salah satu yang akan di gadang-gadangkan kemunculan IoT (Internet Of Things) yang dimana semua perangkat keras dapat terhubung dengan koneksi jaringan dan dapat terintegtrasi dengan perangkat keras lainnya, ini akan cepat terjadi, maka dari itu kita sebagai pengguna maupun pembuat harus terus update terkait teknologi terbaru agar kita tidak tertinggal dan senantiasa untuk menggunakan teknologi tersebut dengan sesuai batasan dan menggunakannya sebijak mungkin.


(sumber artikel : https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_Komunikasi_Dalam_Masyarakat)
Sumber: https://riantriyana06.blogspot.com/2016/01/apa-itu-teknologi.html

1 comments:

Anonymous said...

Baltimore Fishbowl stories the fun, factual and typically controversial scoop on native schools, real property, money and energy, culture, way of life, and community. Find day by day posts Monday by way of Friday, longer original weekly stories, assorted columns and curated information from around the area, all accompanied by 점보카지노 pictures and video. After making a win, you want to withdraw it as shortly as possible. This is possible when you make the best decisions, but because of of} legal restrictions, there are some issues want to} consideration to|take notice of}, particularly at on-line on line casino South Korea websites. Incredibly sufficient, many Korea gamers take their possibilities with Korea playing websites despite the strict South Korean playing laws and menace of|the specter of} extreme penalties. As technologically superior as the nation is, it nonetheless can not get full control of web activities.

Post a Comment

Copyright © 2012 Belajar Literasi / Template by : Urangkurai