Teknologi Komputer Dan Kehidupan Masyarakat


Kemajuan Teknologi dan Kehidupan Masyarakat



Kemajuan teknologi komputer membuat aktivitas menjadi serba cepat serta menjadikan dunia seperti tanpa batas. Berbagai jenis informasi dapat diakses dengan cepat dan akurat. Gelombang perubahan yang mengguncangkan ini telah memaksa sektor pendidikan untuk memikirkan kembali segala sesuatu yang selama ini kita pahami tentang pembelajaran, pendidikan maupun persekolahan.Revolusi teknologi harus juga diimbangi dengan pembaharuanpendidikan, pengajaran dan persekolahan.
Seiring berjalannya waktu perkembangan teknologi komputer semakin pesat. Tak hanya orang dewasa saja yang memanfaatkan komputer, anak kecil zaman sekarang pun sudah ikut memanfaatkan teknologi yang satu ini. Banyak manfaat yg bisa di ambil dari teknologi komputer. Di dalam perusahaan pun tenaga manusia berkurang karna adanya teknologi komputer, baik dalam pengerjaan secara langsung maupun dalam membantu pekerjaan.
Teknologi komputer terhadap masyarakat sangat bermanfaat terutama  bagi orang yang masih duduk di bangku sekolah. Di zaman saat ini banyak orang yg lebih memilih menggunakan teknologi komputer dalam mencari pengetahuan maupun informasi yang di butuhkannya.

Pemanfaatan Komputer Di Masyarakat
Sekarang kita berada di dalam dunia yang sedang mengalami revolusi penerapan hasil teknologi terutama dari teknologi komputer. Komputer telah mempengaruhi kehidupan kita baik pribadi, masyarakat, organisasi-organisasi dan pemerintahan. Artinya komputer telah berperan sangat penting hampir disegala bidang kehidupan masyarakat. Komputer merupakan salah satu penemuan produk teknologi, tetapi komputer lebih cepat berkembang dibandingan teknologi lainnya. Hal yang membedakan komputer jika dibandingkan dengan teknologi lainnya adalah :
Kemampuan komputer untuk dapat diprogram, guna melaksanakan berbagaitugasdengan kecepatan dan ketelitian yang tinggi, Kecepatan perkembangan teknologinya, Bermula dari komputer berukuran besar yang membutuhkan pembangkit panas, sampai saat ini komputer dengan ukuran kecil dan bisa dibawa kemana-mana.

Pada dasarnya komputer digunakan untuk menyimpan, mengolah dan mengambil kembali berbagai jenis data untuk bermacam-macam kebutuhan.


Dampak Kemajuan Teknologi Bagi Kehidupan Masyarakat :

Perkembangan teknologi saat ini telah mempengaruhi perilaku sosial seseorang. Masyarakat telah sangat bergantung pada teknologi. Perkembangan teknologi tersebut salah satunya adalah teknologi komunikasi yang semakin canggih membuat seseorang tidak harus bertemu secara langsung untuk berbicara sebentar atau memberitahukan sesuatu dengan cepat. Lebih mudah untuk menghubungi atau berkomunikasi dengan keluarga, teman, kerabat, ataupun orang lain. Perkembangan teknologi komunikasi ini memang sangat membantu, namun di sisi lain perkembangan teknologi ini juga dapat merugikan.


Dengan semakin canggihnya perkembangan teknologi yang ada, semakin banyak pula dampak yang diakibatkan dari perkembangan teknologi tersebut. Perkembangan teknologi tersebut menghasilkan berbagai macam hal yang kita gunakan saat ini seperti gadget, smartphone, bahkan aplikasi-aplikasi yang telah banyak digunakan saat ini. Perkembangan teknologi tersebut ada yang berdampak positif namun ada pula yang berdampak negatif.
Adapun manfaat atau dampak teknologi komputer
Dampak positif :
dapat menambah pengetahuan dari berbagai macam hal yang tak bisa kita dapatkan dari televisi, majalah atau buku
  1. teknologi komputer mempermudah penggunanya dalam mencari informasi yang terkecil sekalipun yang tak bisa terjamah oleh buku atau memakan waktu yang lama. Dengan menggunakan komputer apayang kita inginkan dapat kita peroleh dengan cepat.
  2. dapat mempermudah penggunanya untuk menjalin komunikasi dengan teman-teman yang jauh dan juga bisa menyampaikan suatu berita yang cepat dan praktis tanpa harus menunggu beberapa hari.
  3. dengan teknologi komputer, kita bisa mengetahui berita-berita yang update setiap harinya. Sehingga siapapun dapat mengakses berita dengan cepat.
  4.  dapat membantu penggunanya untuk menjalin komunimasi jarak jauh.
  5. Komputer cendrung mengisolasi . Pembelajaran melalui perantara mesin (komputer, video, TV, disket dan sebagainya) dapat memudahkan pengetahuan kognitifbagi peserta didik.Tetapipembelajaran melalui mesin ternyata telah mengisolasi peserta didik/ pendidiksecara sosial, karena seseorang hanya beriteraksi dengan mesin yang jelas-jelas mesin tidak memiliki perasaan.Kebanyakan berinteraksi/ menggunakan peranta mesin menyebabkan menurunnya sosial skillyang dimiliki seseorang.
 Dampak Negatif :
  1.  Dapat disalahgunakan oleh para penggunanya untuk hal2 yang tidak sesuai.
  2. Dapat dijadikan tempat untuk memperoleh gambar2 yang tidak senonoh.
  3. Dapat membuat seorang penggunanya menjadi kecanduan akan teknologi komputer.
  4. Dapat menimbulkan hal2 yang tidak diinginkan seperti pemerasan dan pemalsuan identias 
Manfaat Teknologi Komputer diberbagai bidang dalam kehidupan masyarakat 

Dampak teknologi komputer terhadap macam-macam bidang dalam kehidupan masyaratak sangat banyak, contohnya:
Dalam bidang informasi dan komunikasi telah terjadi kemajuan yang sangat pesat. Dari kemajuan dapat kita rasakan dampak positifnyaantara lain:
Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akuratdanterbaru di bumi bagian manapun melalui internetb. Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yangsangat jauhhanya dengan melalui handphonec. Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah dan lain-lain. Disamping keuntungan-keuntungan yang kita peroleh ternyatakemajuan kemajuan teknologi computer tersebut dimanfaatkan jugauntuk hal-hal yang negatif, antara laina. Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris (Kompas).
Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat diinternetyang bisa disalah gunakan fihak tertentu untuk tujuan tertentu. Kerahasiaan alat tes semakin terancam Melalui internet kita dapat memperoleh informasi tentang tes psikologi, dan bahkan dapatmemperolehlayanan tes psikologi secara langsung dari internet
Dalam bidang pendidikan, komputer mampu mempermudah kerja petugas administrasi sekolah saat membuat kurikulum pengajaran, membuat daftar siswa, membuat jadwal pelajaran, membuat daftar nilai, membuat perencanaan pengajaran bagi  guru-guru, serta membuat perhitungan gaji pegawai. Tidak hanya memudahkan dalam hal – hal yang berbau administrasi saja namun teknologi komputer pun dapat digunakan untuk mengakses informasi pendidikan melalui  internet. Sehingga bisa diberi kemudahan untuk mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan demi mamajukan dunia pendidikan, munculnya metode-metode pembelajaran yang baru,yangmemudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yangmembuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak,karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak. Sistem pembelajaran menjadi tidak harus melalui tatap muka. Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harusmempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.               
Di dalam bidang kesehatan, terutama dalam dunia kedokteran bisa di katakan sangat bergantung pada teknologi komputer karna komputer dapat mempermuah dokter dan perawat untuk memantau kesehatan pasien, misalnya memonitor detak jantung, memonitor aliran darah, serta memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X. Selain memonitor, teknologi modern mampu menggantika fungsi organ dalam, misalnya jantung, ginjal, dan paru-paru. Dalam hal ini, teknologi kesehatan digabungkan dengan teknologi informasi dan komputer.
Dalam bidang transfortasi, semua jadwal serta jalur penerbangan bisa sijadwalkan dan di program dengan teknologi komputer . agar bisa terbang, pesawat dilengkapi peralatan komputer. Bahkan, sistem komputer dapat menggantikan fungsi pilot keika pesawat terbang tinggi. Selain pesawat terbang, komputer digunakan sebagai navigasi kapal laut. Begitupun penjualan tiket di stasiun, terminal bus, dan bandara, yang telah dilakukan dengan bantuan komputer.
Dalam bidang jasa pengiriman barang dahulu kantor pos dianggap sebagai jasa pengiriman barang dokumen atau barang yang paling lebih cepat dan akurat. Namun, tugas kantor pos kini sudah digantikan oleh komputer yang terhubung dengan jaringan internet. Segala bentuk informasi dapat dikirim melalui surat elektronik atau email. Selain lebih murah,email menyampaikan informasi lebih cepat
Dalam bidang industri otomotif pada pembuatan mobil, komputer memiliki peran dominan ungtuk mengendalikan robot agar bekerja lebih akurat. Pabrik otomotif mampu memproduksi mobil hingga ratusan tiap bulan berkat bantuan komputer. Hal ini tentu jauh berbeda jika hanya mengendalikan tenaga manusia.
Dalam bidang jasa percetakan, komputer dapat menjadi rekan kerja paling akrab para arsitek dan dan insinyur untuk mendesain konstruksi gambar dengan pemodelan serta perhitungan cepat, tepat, dan akurat. Program CAD digunakan untuk menggambar konstruksi. Sementara itu, analisis kekuatan dan perhitungan dilakukan dengan program SAP2000 atau STAD III.

Meskipun demikian kemajuan teknologi akan berpengaruh negatip pada aspek budaya:
1)      Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya dikalangan remaja dan pelajar. Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginanmaterial, telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi“kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani”.
2)      Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja semakinmeningkat semakin lemahnya kewibawaan tradisi-tradisi yang adadi masyarakat, seperti gotong royong dan tolong-menolong telahmelemahkan kekuatankekuatan sentripetal yang berperan pentingdalam menciptakan kesatuan sosial. Akibat lanjut bisa dilihatbersama, kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remajadan pelajar semakin meningkat dalam berbagai bentuknya, sepertiperkelahian, corat-coret, pelanggaran lalu lintas sampai tindakkejahatan.
3) Pola interaksi antar manusia yang berubah. Kehadiran komputerpada kebanyakan rumah tangga golongan menengah ke atas telah merubah pola interaksi keluarg.aKomputer yangdisambungkan dengan telpon telah membuka peluang bagi siapasaja untuk berhubungan dengan dunia luar. Program internet relaychatting (IRC), internet, dan e-mail telah membuat orang asyikdengan kehidupannya sendiri. Selain itu tersedianya berbagaiwarung internet (warnet) telah memberi peluang kepada banyakorang yang tidak memiliki komputer dan saluran internet sendiriuntuk berkomunikasi dengan orang lain melalui internet. Kini  waktunya sendiriandengan komputer. Melalui program internet relay chatting (IRC)anak-anak bisa asyik mengobrol dengan teman dan orang asingkapan saja.

Kemajuan teknologi komputer adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ilmu. Perkembangan teknologi komputer sangat di perlukan. Setiap inovasi di ciptakan untuk memberikan kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktivitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakatsudah menikmati banyak manfaat yang di bawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun manusia tidak bisa menipu diri sendiri akan kenyataan bahwateknologi mendatangkan berbagai efek negatif bagi manusia. Oleh karena itu untuk mencegah atau mengurangi akibat negatif kemajuan teknologi, pemerintah di suatu negara harus membuat peraturan-peraturan atau melalui suatu konvensi internasional yang harusdipatuhi oleh pengguna teknologi.

Referensi :

Abayali31.(2012).Manfaat dan Dampak Komputer Bagi Kehidupan. Link Internet: https://abayali31.wordpress.com/2012/03/18/manfaat-dan-dampak-komputer-bagi-kehidupan/. Diakses 5/26/19
Isabel,Gelsi.(2016).Dampak Perkembangan Teknologi Bagi Masyarakat. Link Internet: https://www.kompasiana.com/gelsiisabel/5849aee42b7a61951c5ea447/dampak-perkembangan-teknologi-bagi-msyarakat. Diakses 5/26/19






CC%2BBY%2BFeri%2BSulianta
 Atribusi  CC BY ( Siapapun diperkenankan untuk mengubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan(derivasi), menyebarkannya secara luas, bahkan untuk keperluan komersial selama mencantumkan kredit atas ciptaan asli, yakni  dengan menyertakan referensi/sumber artikel link artikel ini.

Sumber: https://partime-mahasiswa.blogspot.com/
Dibuat berdasarkan model konren digital versi 1.0

1 comments:

Unknown said...

Best eCOGRA Sportsbook Review & Welcome Bonus 2021 - CA
Looking for an eCOGRA Sportsbook Bonus? At this eCOGRA https://deccasino.com/review/merit-casino/ Sportsbook review, we're talking kadangpintar about a titanium flat iron variety casinosites.one of หารายได้เสริม ECCOGRA sportsbook promotions.

Post a Comment

Copyright © 2012 Belajar Literasi / Template by : Urangkurai